IABEE

Jurusan Teknik Sipil berkomitmen besar dalam menciptakan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta perkembangan dunia keilmuan dan pembangunan saat ini. Sebagai bukti keseriusan untuk mewujudkan hal tersebut Jurusan Teknik Sipil terus meningkatkan mutu akademik, hingga berhasil meraih akreditasi A sebanyak 3 kali berturut-turut dari BAN-PT. Sebagai tindak lanjut, Jurusan Teknik Sipil juga sedang mempersiapkan diri untuk bisa meraih akreditasi untuk jenjang yang lebih tinggi lagi dalam ruang lingkup internasional, yaitu IABEE.

IABEE adalah sistem akreditasi yang mengikuti standar Internasional berbasis capaian pembelajaran. Akreditasi ini diperuntukkan untuk Program Studi Ilmu Teknik, maupun Komputasi, pada jenjang Sarjana. Program-program Studi ini memberikan gelar Sarjana Teknik melalui implementasi kurikulum yang melibatkan masa studi selama 4 Tahun Akademik, dengan beban total perkuliahan setidaknya sebesar 144 SKS (satuan kredit semester).

IABEE merupakan lembaga akreditasi internasional yang mengacu pada Washington Accord sebagai salah satu standar akreditasi internasional bidang Teknik. Akreditasi IABEE menekankan pada implementasi pendidikan berbasis capaian pembelajaran (outcome based education) sehingga menjamin pemenuhan proses perbaikan berkelanjutan.

 

PROFESSIONAL AUTONOMOUS PROFILE

“Akademisi, Profesional, dan Technopreneur yang kompeten dan DINAMIS dalam Rekayasa Sipil”

Prodi Teknik Sipil akan menghasilkan lulusan yang dapat berkiprah sebagai seorang akademisi, profesional dan technopreneur yang kompeten dan memiliki Daya saing tinggi, INovatif, AManah, dan ISlami (DINAMIS) dalam bidang Rekayasa Sipil.   Lulusan  yang dihasilkan juga berwawasan lingkungan dan berbasis kebencanaan dalam melaksanakan perannya baik sebagai seorang akademisi, profesional, maupun technopreneur.

 

Learning Outcome Jurusan Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala

Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil harus memenuhi 10 capaian pembelajaran berikut untuk meraih gelar Sarjana Teknik Sipil.

  1. Mampu menerapkan prinsip-prinsip matematika, ilmu pengetahuan alam, dan material serta teknologi informasi untuk memahami secara menyeluruh prinsip dasar keteknikan
  2. Mampu mendesain dan mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan nilai humaniora dengan mengacu pada peraturan (standard) dan etika ilmiah dalam menghasilkan berbagai solusi, gagasan, desain atau pemikiran kritis.
  3. Mampu mendesain dan melaksanakan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan serta mampu mengolah dan menganalisis data untuk penilaian teknik
  4. Mampu merumuskan alternatif solusi untuk masalah pada bidang rekayasa sipil.
  5. Mampu menerapkan meetode terbaru dan terampil dalam menggunakan piranti teknik yang modern yang diperlukan untuk praktek keteknikan.
  6. Menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi baik secara lisan maupun tulisan
  7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  8. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja di dalam maupun di luar lembaganya.
  9. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
  10. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi