No Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa Bentuk Kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya
1 Bimbingan dan konseling

Foto 3.2.1 Kegiatan Pembinaan Akademik dan Karakter Mahasiwa Baru PAKARMARU

Foto 3.2.1 Kegiatan Pembinaan Akademik dan Karakter Mahasiwa Baru PAKARMARU

Foto 3.2.2 Kegiatan Silaturrahmi Keakraban Aneuk Teknik (SIKAT)

Foto 3.2.2 Kegiatan Silaturrahmi Keakraban Aneuk Teknik (SIKAT)

Foto 3.2.3 Kegiatan Bina Islam Aneuk Teknik (BILAS)

Foto 3.2.3 Kegiatan Bina Islam Aneuk Teknik (BILAS)

Bentuk kegiatan : Bentuk kegiatan yang terkait dengan bimbingan dan konseling yang bersifat akademik, antara lain: 1) konsultasi Kartu Rencana Studi (KRS) yang disusun berdasarkan Kartu Hasil Studi (KHS) mahasiswa; 2) konsultasi kendala dalam mengikuti proses pembelajaran; 3) konsultasi terkait dengan ketentuan akademik dan tata tertib perkuliahan serta 4) konsultasi yang terkait dengan tugas akhir. Sedangkan bimbingan non akademik berkaitan dengan permasalahan yang berpotensi mempengaruhi hasil dan proses pembelajaran.

Pelaksanaan kegiatan : Ketua PSTS menerbitkan surat usulan penugasan bagi dosen untuk menjadi pembimbing akademik (PA) mahasiswa baru ke Fakultas Teknik untuk dikeluarkan SK. PENUGASAN. Selanjutnya, proses bimbingan akademik dilakukan secara rutin setiap awal semester, dan secara tidak rutin sesuai dengan kesepakatan antara dosen PA dan mahasiswa baru. Layanan bimbingan akademik dengan PA dilaksanakan setelah mahasiswa mengenal langsung dosen masing-masing melalui pertemuan yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) melalui kegiatan Pembinaan Akademik dan Karakter Mahasiwa Baru (PAKARMARU), Silaturrahmi Keakraban Aneuk Teknik (SIKAT) dan Bina Islam Aneuk Teknik (BILAS). Bila dosen Pembimbing Akademis tidak mampu mengatasinya maka Bimbingan dan Konseling diserahkan pada tim telah diatur di tingkat universitas.

Hasil kegiatan : Mahasiswa dapat menyusun Kartu Rencana Studi (KRS) untuk setiap semester dan penulisan tugas akhir dengan baik sehingga memberikan motivasi yang tinggi untuk kuliah dengan perolehan nilai akhir yang memuaskan serta dapat menyelesaikan kuliah dengan waktu yang tepat.

 

Untuk lebih lengkap mengenai jenis pelayanan kepada mahasiswa Program Studi Tekni Sipil dapat didownload dibawah ini.

Download Jenis Pelayanan Kepada Mahasiswa