Workshop Penyusunan  Kurikulum 2016-2020
Balee Keurukun, 2 Juni 2016

 

1. LatarBelakang

Perubahan dan perkembangan teknologi yang begitu cepat dan global telah mempengaruhi aspek pola kehidupan dan pendidikan.  Perubahan ini sudah selayaknya direspon dengan kinerja pendidikan yang professional dan bermutu tinggi.  Kinerja pendidikan menuntu tadanya pembenahan dan penyempurnaan aspek substantif yang mendukungnya, yaitu kurikulum.  Sebagai salah satu sarana bagi terciptanya insan Indonesia yang cerdas, JurusanTeknik Sipil Universitas Syiah Kuala, mempunyai komitmen yang sangat tinggi untuk mempersiapkan berbagai aspek kompetensi lulusan yang tertuang dalam kurikulum 2016-2020. Upaya peningkatan mutu lulusan terus dikembangkan dengan memperhatikan berbagai dimensi yang meliputi ilmu pengetahuan (knowledge), keterampilan dan kreatifitas (skill), serta budi pekerti, etika, dan kemandirian (attitude). Pengembangan berbagai aspek tersebut dicapai dengan struktur kurikulum yang menunjang kemampuan dan kompetensi lulusan dalam hard-skill dan soft-skill.

Penyusunan kurikulum Teknik Sipil 2012-2016 juga memerlukan pengembangan, penyempurnaan dan perbaikan dari isi materi kuliah yang terdapat dalam Rencana Perkuliahan Semester (RPS).

2. TujuanKegiatan

Kegiatan ini bertujuan untuk mensosilaisasikan dan menerima kritk dan saran dalam penyempurnaan kurikulum 2016-2020 yang menggunakan syarat-syarat yang ditetapkan berdasarkan KKNI dan akan berlaku pada semester Ganjil 2016/2017.

3. Lingkup Kegiatan

Bagian pertama dari kegiatan ini adalah pengembangan yang dilaksanakan oleh masing-masing Bidang Studi di Jurusan Teknik Sipil Unsyiah (Struktur, Hidroteknik, Geoteknik, Transportasi dan Manajemen Rekayasa Konstruksi) untuk menyusun RPS untuk mata kuliah di setiap bidang. Sedangkan bagian kedua adalah pengembangan dan workshop penyempurnaan kurikulumTeknik Sipil di tingkat jurusan, dengan menghadirkan nara sumber dari setiap bidang.

4. MekanismePelaksanaanKegiatan

Workshop tingkat bidang akan dilaksanakan oleh masing-masing bidang studi (jadwal dan lama kegiatan disesuaikan dengan kondisi masing-masing bidang studi), dan dilanjutkan dengan workshop tingkat jurusan yang direncanakan selama 1 hari. Nara sumber untuk penyusunan Revisi Kurukulum dan RPS adalah dosen senior perwakilan setiap bidang studi yang ada di Teknik Sipil.  Untuk workshop jurusan nara sumber adalah Bapak Ir. Maimun Rizalihadi., M.Sc.Eng dan moderator adalah Ibu Dr. Yunita Idris.  Workshop ini bertujuan untuk menerima masukan dari peserta yaitu dosen, mahasiswa, alumni dan stakeholders tentang Kurikulum yang telah disiapkan untuk difinalisasi tingkat fakultas dan universitas dan termasuk didalamnya RPS beberapa matakuliah yang telah disusun oleh setiap dosen JTS.

 

Banda Aceh, 2 Juni 2016
Ketua Jurusan

Ir. Maimun Rizalihadi., M.Sc, Eng
NIP. 196405301990021001

Foto Workshop Kurikulum 2016-2020 Program Studi Teknik Sipil di Balee Keurukun, 2 Juni 2016

Workshop Kurikulum 2016-2020 Program Studi Teknik Sipil Workshop Kurikulum 2016-2020 Program Studi Teknik Sipil Workshop Kurikulum 2016-2020 Program Studi Teknik Sipil Workshop Kurikulum 2016-2020 Program Studi Teknik Sipil